Pages

October 09, 2012

Who Am I?


Salut!

Posting kali ini dipublish untuk tugas minggu pertama magang di BEM KMFA UGM 2012. Temanya adalah *jengjengjeng* “WHO AM I?” atau “SIAPA AKU?” cekidot yaaaah! :D
Pepatah pernah bilang, tak kenal maka tak sayang. Jadi daripada ngelantur cerita yang lain, sebelumnya kenalan (lagi) dulu yaaa. Nama lengkap saya Dea Arvina Ermacasnia, bisa dipanggil Dea nggak pake H :3 beda sama orang lain mungkin, saya selalu suka punya temen yang namanya kembaran. Soalnya bisa share cerita tentang arti nama “Dea” dari sudut pandang yang berbeda. Sedikit cerita, Dea dalam bahasa Yunani artinya Dewi, tapi kalo nama saya diambil dari salah satu program komputer gitu, Dass Easy Accounting.

Saya lahir pada hari Selasa tanggal 24 Mei 1994 di kota yang baru beberapa hari lalu genap berusia 256 tahun, kota yang berhati nyaman dan selalu istimewa, kota dimana ratusan bahkan ribuan pelajar di seluruh Indonesia memilih menetap di sini untuk menuntut ilmu. Kota itu tidak lain tidak bukan adalah Yogyakarta. Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara. Adik saya satu, namanya Helga Audia Putri. Dia sekarang bersekolah di SMPN6YK kelas 3. Ibu saya bernama Nani Sumarni, beliau adalah seorang IRT aka insyinyur tangga aka ibu rumah tangga yang sangat sayang dan perhatian kepada kedua anaknya. Ayah saya bernama Anwar Marzuki Rasyid, beliau adalah seorang guru TIK di SMPN16YK yang sangat bertanggung jawab. Kedua orang tua saya lulusan sarjana ekonomi, makanya nama saya sedikit berbau tentang program IT yang ke-ekonomi-an hehehe.

Sejak lahir saya tinggal di Jogja, di sebuah rumah kecil bercat hijau di daerah timur tugu, tepatnya di Jogoyudan JT 3/683 RT 37 RW 09. Satu yang harus benar-benar disyukuri adalah saya bukan anak rantau jadi nggak harus ngekos terus bisa tinggal bareng-bareng berempat. :’)

Dea kecil bersekolah di TK ABA Jogoyudan, menempuh perjalanan TK Nol Kecil dari umur 2,5 tahun sampai 5 tahun (soalnya waktu itu pengen cepet-cepet sekolah jadi lama deh Tknya hehe) terus lanjut TK Nol Besar sampai umur 6 tahun. Tahun 2001, saya diterima di SDN Jetis 1. Dengan semangat dan motivasi yang kuat akhirnya pada tahun 2006 saya diterima di SMPN8YK. Saya terus belajar agar diterima sekolah favorit dan pada tahun 2009 saya resmi menjadi siswa SMAN9YK.
Sejak kelas 1 SMA, minat saya terhadap dunia kimia sangat besar. Saya punya guru les yang kebetulan adalah mahasiswa Farmasi tahun 2008, namanya Mbak Dian atau Mbak Dinita (sekarang beliau sudah profesi). Mbak Dian sering cerita-cerita tentang farmasi dan membuat excited. Jadilah mimpi saya dari kelas 1 SMA adalah melanjutkan kuliah di Fakultas Farmasi UGM :)

Hobi saya adalah membaca. Buku apapun saya baca karena saya bukan tipe orang yang “judge a book by its cover” yaaaa walopun nggak munafik kalo “cover” itu emang sangat penting. Saya juga suka jalan-jalan, semacam travelling gitu, Insya Allah tahun ini mau melancong ke tetangga karena tabungan saya sudah cukup hehehe. Selain jalan-jalan, saya suka wisata kuliner. Mencoba berbagai masakan dari seluruh kota di Indonesia atau masakan luar negeri memang mengasyikkan :D saya suka fotografi tapi karena kendala tidak punya kamera hobi tersebut hanya bisa disalurkan pada waktu tertentu hehe. Saya juga suka menulis. Menulis apapun, termasuk laporan praktikum. Saya sering meng-“quote” atau menulis ulang kata-kata yang pernah saya baca dalam sebuah novel.

Kata teman-teman, saya ini anaknya heboh, seru, dan ramai. Pokoknya supel gitu lah. Ramah sama semua orang dan mudah bergaul jadi enak untuk jadi “tong sampah” atau istilah kerennya bisa dipercaya hehe. Menurut saya pribadi, saya anaknya unik. Saya punya cara tersendiri untuk berkenalan dengan orang atau untuk dikenal oleh orang. Kelebihan saya adalah bertanggung jawab terhadap apa yang saya lakukan. Saya juga tepat waktu terhadap suatu pekerjaan sehingga tidak mengganggu pekerjaan yang lain. Pantang menyerah, tetap semangat, dan tidak boleh mengeluh selalu ada dalam kamus saya. Ceria dan selalu tersenyum adalah dua hal yang selalu saya usahakan untuk tidak terlepas dari mulai matahari mengucap selamat pagi hingga bulan meninabobokan diri.

Tiada gading yang tak retak. Disamping semua kelebihan itu, saya tentu punya kekurangan. Saya anaknya mudah panik dan gampang kepikiran terhadap sesuatu. Saya juga suka nggak enakan sama orang semisal saya menyadari kalo saya sudah berbuat salah sama dia, pokoknya nggak tegaan gitu lah. Terus juga saya ini anaknya moody, tapi bukan mood-mood-an. Gimana ya... jadi pada tanggal-tanggal tertentu di setiap bulan saya harus terjebak salam situasi PMS, yah... para perempuan pasti tau lah gimana rasanya hehehe. Pribadi saya cenderung bisa mengontrol emosi. Semisal saya punya masalah di rumah, yaudah betenya nanti pas di rumah aja, nggak perlu dibawa-bawa ke kampus. Manusia kadang perlu pake topeng untuk bertahan hidup. Asal ngelepasnya nggak disembarang orang, nggak disembarang tempat.

Menurut saya, BEM adalah badan eksekutif mahasiswa yang merupakan wadah untuk menyalurkan aspirasi, berbagi inspirasi dan saling memberikan motivasi antar sesama anggota BEM maupun anggota di sebuah kampus. Pokoknya secara kasar semacam OSIS SMA tapi cakupannya lebih luas dan lebih mandiri. Motivasi saya mengikuti BEM KMFA UGM adalah ingin aktif dalam dunia perkuliahan, menambah wawasan dan teman, menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri juga jadi nggak melulu mantengin laporan hehe. Saya pribadi merasa mampu bergelut dalam dunia BEM karena sejak SMP saya memang anaknya aktif, nggak bisa diem, nggak bisa hanya belajar, harus ada sedikit bumbu-bumbu organisasinya.

Departemen yang paling ingin saya pilih di BEM adalah Bendahara Eksekutif karena saya suka sekali menghitung uang (walopun bukan uang sendiri). Saya selalu dipercaya untuk memegang uang kas kelas oleh teman-teman baik dari SMP, SMA, hingga kuliah. Saya merasa mampu memanage uang dengan baik sehingga pemasukan dan pengeluaran bulanan saya Insya Allah berjalan dengan lancar.

Departemen kedua yang ingin saya pilih adalah... masih galau antara PPM, Humas, DUI, atau LKLC. Udah disortir juga tetep ada 2 pilihan yaitu PPM atau LKLC. Walopun lebih prefer ke PPM soalnya isinya adalah olahraga dan seni (padahal saya nggak jago di kedua bidang itu) tapi LKLC itu menarik banget soalnya belajar budaya luar, saya merasa semakin dekat dengan mimpi saya, Paris. Ohya, saya punya cita-cita ambil S2 di Paris. Saya ingin sekali punya gelar dengan nama saya, DEA. Aamiin o:)

Segitu dulu cerita tentang “siapa aku” dalam rangka tugas magang BEM, semoga kakak-kakak PSDM yang baca blog saya nggak bosen ya hehe maklum kalo udah cerita dikit suka ngelantur, maaf ya kak :) mohon bimbingannya untuk menggeluti dunia BEM kedepannya. Terimakasih sudah meluangkan waktunya.

Mit ganz lieben Grüβen,
Dearvinae

No comments:

Post a Comment